Tanya Jawab Dapodikmen

rifaus.com -- Tahun 2014 data sertifikasi akan menggunakan aplikasi DAPODIKMEN untuk SMA/SMK, yang merupakan pengembangan aplikasi Paket Aplikasi Sekolah PAS Dikmen.

Saat ini telah dirilis Dapodikmen 7.2.11 Testing dengan tanggal rilis 12/03/2014. Untuk download aplikasi Anda bisa klik melalui 2 gambar di bawah ini :

Tampilan Dadodikmen :


Apa yang menjadi landasan pengembangan aplikasi PAS Dikmen ke Dapodikmen ?

Mengusung pada misi kita satu bangsa satu data, maka dikembangkanlah aplikasi PAS menjadi Aplikasi Dapodikmen

Siapa yang harus melakukan pendataan ini ?

Data pokok pendidikan menengah (Dapodikmen) meliputi satuan pendidikan SMA, SMK, SMLB.

Bagaimana peran sekolah ?

Pendataan ini berbasiskan sekolah, artinya pendataan dilakukan secara mandiri oleh sekolah tersebut. Mulai dari penggandaan formulir cetak, distribusi formulir, pengisian, entri data sampai dengan pengiriman ke server. Kepala sekolah sebagai top manajemen di sekolah tersebut bertanggungjawab terhadap kelengkapan, kebenaran data yang dikirim. Kepala sekolah dapat menunjuk operator sekolah yang bertugas membantu operasional aplikasi dan input data di dalam aplikasi sesuai dengan formulir yang diisikan masing-masing PTK dan peserta didik.

Bagaimana peran UPTD Kecamatan ?

UPTD kecamatan dapat mengkoordinir pendataan SMA,SMK,SMLB di wilayahnya. Membimbing sekaligus memonitor progres pengiriman sekolah dan memastikan sekolah di wilayah kecamatannya sudah mengupdate data sekaligus memeriksa kelengkapan, kebenaran data yang dikirimkan sekolah. UPTD dapat memfasilitasi sekolah jika sekolah tidak mampu melakukan entri data secara mandiri. Apakah terkait SDM, komputer maupun jaringan internet. Namun sifatnya pendukung saja, sekolah diharapkan dapat mandiri melakukan pendataan.

Bagaimana Peran Pengawas Sekolah ?

Pengawas sekolah dapat secara langsung memonitoring pendataan di sekolah yang menjadi binaannya, memastikan sekolah tersebut sudah menyelesaikan pendataan secara lengkap, benar dan mutakhir. Pengawas sekolah dapat mengecek kebenaran data dengan visitasi ke sekolah yang bersangkutan sesuai dengan tugas pokok sekolah mengawasi proses pembelajaran sekaligus komparasi data yang dikirmkan dengan kondisi sebenarnya (fakta) nya.

Bagaimana peran Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota ?

Dinas Pendidikan kab/kota memeberikan sosialisasi, bimbingan teknis kepada sekolahsekolah di wilayahnya masing-masing. Distribusi perangkat lunak dan pendukung lainnya. Memonitoring pengiriman sekolah, dan memberikan pendampingan / konsutasi kepada sekolah jika ada troubleshooting aplikasi atau seputar teknis operational aplikasi.

Bagaimana peran Dinas Pendidikan Provinsi ?

Dinas pendidikan Provinsi dapat melakukan monitoring, membina, koordinasi tingkat kabkota sekaligus memastikan updating data sekolah di wilayah provinsi nya masing-masing.

Bagaimana Memulai pendataan dapodikmen 2013 – 2014 ?

aplikasi pendataan, formulir, manual dapat di unduh di web infopendataan dikmen atau mengcopy di dinas kab/kota masing-masing. Aplikasi ini sama semua untuk seluruh sekolah jenjang SMA, SMK, SMLB. Yang membedakan sekolah 1 dan yang lain adalah kode registrasi

Bagaimana langkah sekolah melakukan pendataan ?


  1. Penunjukkan dan penugasan operator oleh kepala sekolah
  2. Copy aplikasi dan pendukung lainnya (manual, video, dll)
  3. Baca Manual aplikasi terlebih dahulu
  4. registrasi 
  5. Entri data di aplikasi
  6. Kirim ke server
  7. Pengecekan data hasil kiriman di infopendataan.dikdas.kemdikbud.go.id
  8. Jika ada troubleshooting konsultasikan ke dinas atau ke pusat

Bagaimana mendapatkan materi beserta aplikasi pendataan dan apa saja isinya ?

CD tersebut berisi formulir pendataan , aplikasi DAPODIKMEN 2013, manual aplikasi pendataan, video tutorial, FAQ (Tanya jawab) kontak person, data_prefilled 2013

Kapan sekolah harus melakukan pembaruan data ?

idealnya setiap kali ada perubahan data, sekolah mengirimkan data ke server pusat, tapi jika kendala SDM, dan infrastruktur lainnya sekolah minimal 1x dalam 1 semester untuk updating data.

Bagaimana dengan kode registrasinya ?

Kode registrasi adalah kode untuk mengkativasikan aplikasi sekolah. Kode registrasi untuk pendataan 2013 setiap sekolah. Cara mendapatkannya silakan hub dinas pendidikan setempat

Apa yg dimaksud data prefill ?

Data prefill adalah data sekolah beserta isinya yang telah “Compressed” menjadi prf file. Data prefill berfungsi untuk registrasi dan berisi data data sekolah yang telah dimasukan pada aplikasi sebelumnya

Bagaimana dengan username sekolah ?

Username yang digunakan adalah alamat email, diusahakan email aktif. Kepala sekolah menentukan email apa yang digunakan untuk proses pendataan sekolah.

Username sekolah berupa email, apakah boleh lebih dari 1 ?

tidak boleh. Username ini harus unik. Artinya tidak boleh sama antara 1 sekolah dengan yang lain untuk email yang digunakan sebagai username

Bagaimana dengan password sekolah ?

Password boleh apa saja, bebas yang penting mudah diingat

Bagaimana jika lupa username atau password sekolah ?

register kembali sebagai sekolah, dengan catatan username nya (email) tidak boleh sama dengan yang sebelumnya.

Apakah nomor HP, no Telp, Skype, YM harus di isi saat registrasi ?

untuk No hp operator sekolah sebaiknya perlu diisi dengan valid, tujuannya agar ketika ada informasi / validasi dari pusat akan mudah menginformasikannya ke sekolah yang bersangkutan. Untuk Skype, YM tidak wajib diisi.

Spesifikasi komputer apa yang disarankan ?

- Minimal requirement : 
a. Processor minimal Pentium IV 
b. Memory minimal 512 MegaByte 
c. Storage tersisa minimal 100 MegaByte 
d. CD/DVD drive jika instalasi melalui media CD/DVD 

- Spesifikasi minimum Software (Operating Sistem) 
1. Microsoft Windows Operating System 
a. Windows XP SP2 
b. Windows Vista  
c. Windows 7 
d. Windows 8 (Aplikasi tidak bisa berjalan di Windows 8 RT) 
e. Windows Server 2003 atau yang terbaru 
2. Browser Internet Modern 
a. Firefox, atau 
b. Chrome

Bagaimana cara mengirim data ke server pusat ?

Klik tombol Sinkronisasi, dengan catatan validasi sudah selesai dikerjakan semua baru data yang ada di lokal client dapat dikirimkan ke server pusat

Jika sekolah tidak memiliki komputer, bolehkah di entri di sekolah lain ?

Boleh saja, dengan catatan kepala sekolah menunjuk operator sekolah lain yang diberi kepercayaan untuk entri data. Tugas operator hanya menginputkan data, adapun segala kebenaran data sekolah menjadi tanggungjawab kepala sekolah.

Jika sekolah memiliki komputer, tapi tidak memiliki jaringan internet bagaimana?

aplikasi dapodik dapat bekerja secara offline sehingga sekolah tetap dapat mengentri data walaupun tidak terhubung internet. Ketika akan kirim data, klik tombol synchronisasi lalu computer akan muncul browse, simpan file arahkan ke flashdisk/ hardisk. Bawa file tersebut ke tempat yang memiliki akses internet, warnet/PLIK/UPTD/Dinas/ICT center atau apapun yang memiliki fasilitas koneksi internet.Kemudian buka website pendataan dikmen Upload file di menu upload data .

Bagaimana cara melihat jumlah data invalid saat validasi ?

saat tombol validasi di tekan akan muncul peringatan daftar data yang invalid masingmasing record dan jumlah data invalidnya

Bagaimana solusinya jika sekolah tidak punya jaringan internet ?

Aplikasi DAPODIK dapat bekerja/ melakukan entri data secara offline, untuk pengiriman 
data  harus  terkoneksi  internet.  Bagi  sekolah  yang  memiliki  jaringan  internet/ 
LAN/wifi/modem/dll  dapat  langsung  di  hubungkan  ke  komputer  tersebut  maka  aplikasi  akan membaca secara otomatis “status ONLINE” dan dapat mengirimkan data secara langsung. Jika komputer tersebut tidak terkoneksi internet “status offline” maka dapat melakukan pengiriman dengan cara : 

a.  Setelah  melewati  validasi  aplikasi  (tombol  validasi)  tekan  tombol  “sync”  maka  computer 
     akan  menyimpan  file  database  (data  sync)  sekolah  ke  direktori  yang  diinginkan  (browse) 
     dapat juga di simpan ke dalam flashdisk 
b.  Unggah/ upload file database tersbut / “file syNc” melalui website 
     pendataan.dikdas.kemdikbud.go.id di menu “unggah”. Koneksi internet tempat terdekat 
     yang mudah terjangkau (dinas, UPTD warnet, ICT Center, PLIK, modem, dll)
c.  apakah aplikasi dapodikdas 2013 nanti full online? bagaimana dengan daerah yang kesulitan 
     jaringan internet ?

Bagimana dengan sekolah baru berdiri di tahun sekarang ?

laporkan ke dinas setempat, lalu dinas akan mengirimkan surat resmi ke PDSP (Pusat Data dan Statistik Pendidikan) tembusan ke Ditjen Didkas untuk dibuatkan akun baru.PDSP akan menerbitkan NPSN sekolah tersebut untuk keperluan administrative dan Ditjen Didkas akan menerbitkan koderegistrasi untuk keperluan aktivasi aplikasi. Selanjutnya Dikdas akan mengirimkan data prefilled untuk sekolah tersebut.

Penginputan apakah hanya pada 1 PC atau Laptop ?

Disarankan hanya satu laptop saja

Bagaimana jika siswa baru/mutasi belum di rubah status registrasinya ?

Koordinasikan dengan sekolah lama agar mengupdate status siswa tersebut menjadi “mutasi”

Apa yang di maksud tanggal surat tugas di formulir PTK ?

Surat tugas pada formulir PTK di penugasan adalah Tanggal Mulai Tugas (TMT) PTK tersebut bertugas/ ditempatkan di sekolah yang dimaksud.

Di formulir riwayat sertifikasi,jenis sertifikasi itu di isi dengan keterangan ?

Riwayat sertifikasi jika PTK tersebut pernah memiliki bidang sertifikasi mata pelajaran berbeda dengan yang sekarang. Isiannya sesuai dengan referensi diaplikasi.

Apakah input datanya harus dari awal? atau bisa diambil dari data PAS Dikmen ?

Iya jika memang status sekolah terkait adalah sekolah baru, jika sudah melakukan update data pada PAS Dikmen sebagian besar data sudah ada, karena Dapodikmen ini adalah Aplikasi kembangan dari PAS Dikmen

Bagaimana cara menginputkan PTK yg mengampu di 2 sekolah dengan jenjang sama ?

inputkan data PTK tersebut ke masing-masing sekolah, pilih induk atau bukan induk di table PTK. Dan ini penting tidak boleh terlewat atau salah pilih, untuk mengidentifikasikan dimana sekolahinduknya berada.

Bagaimana cara menginput kan PTK yang mengampu di 2 sekolah beda jenjang ?

inputkan data PTK tersebut ke masing-masing jenjang. Dan jangan lupa pilih dimana sekolah induknya pada table PTK

Bagaimana trik agar data tidak tertukar pada PC yang digunakan untuk multi user?

Pastikan koderegsitrasi sekolah tidak tertukar , username dan passwordnya juga harus berbeda satu sama lain. Pastikan Email sekolah aktif dan unik..!

Bagaimana jika terjadi eror php.exe gagal di eksekusi ketika proses instalasi ?

Restart PC (Biasa Terjadi pada OS XP)

Apa saja syarat untuk melakukan sinkronisasi ?

Pastikan data tidak ada yang error dan hasil validasi adalah 0

Kenapa jumlah PTK awal berbeda dengan jumlah PTK setelah instal aplikasi ?

Ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan perbedaan data awal. 
1.  kemungkinan data dari aplikasi sebelumnya belum valid (lengkap)
2.  PTK belum memiliki penugasan yang menyebabkan data PTK tidak tampil pada halaman utama
3. untuk menampilkannya klik tombol tampilkan data ptk yang kosong pada toolbar PTK.

Bagaimana cara pengisian riwayat pendidikan formal pada PTK ?

diisi sesuai dengan riwayat pendidikan formal dari yang paling tinggi.
harap di isi lengkap hingga NIM dan IPK


Diolah dari sumber http://202.92.204.193:8090/web/laman/beranda

Tanya Jawab Dapodikmen Tanya Jawab Dapodikmen Reviewed by Redaksi on 10.27.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

rifaus.com berharap kepada pengunjung website ini apabila berkomentar sesuai dengan artikel di atas dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar. Terima kasih.

Diberdayakan oleh Blogger.