rifaus.com -- Tahun 2014 data sertifikasi akan menggunakan aplikasi DAPODIKMEN untuk
SMA/SMK, yang merupakan pengembangan aplikasi Paket Aplikasi Sekolah PAS Dikmen.
Saat ini telah dirilis Dapodikmen 7.2.11 Testing dengan tanggal rilis 12/03/2014. Untuk download aplikasi Anda bisa klik melalui 2 gambar di bawah ini :
Tampilan Dadodikmen :
diisi sesuai dengan riwayat pendidikan formal dari yang paling tinggi.
harap di isi lengkap hingga NIM dan IPK
Diolah dari sumber http://202.92.204.193:8090/web/laman/beranda
Saat ini telah dirilis Dapodikmen 7.2.11 Testing dengan tanggal rilis 12/03/2014. Untuk download aplikasi Anda bisa klik melalui 2 gambar di bawah ini :
Tampilan Dadodikmen :
Apa yang menjadi landasan pengembangan aplikasi PAS Dikmen ke Dapodikmen ?
Mengusung pada misi kita satu bangsa satu data, maka dikembangkanlah aplikasi PAS menjadi Aplikasi Dapodikmen
Siapa yang harus melakukan pendataan ini ?
Data pokok pendidikan menengah (Dapodikmen) meliputi satuan pendidikan SMA, SMK, SMLB.
Bagaimana peran sekolah ?
Pendataan ini berbasiskan sekolah, artinya pendataan
dilakukan secara mandiri oleh sekolah tersebut. Mulai dari penggandaan
formulir cetak, distribusi formulir, pengisian, entri data sampai dengan
pengiriman ke server. Kepala sekolah sebagai top manajemen di sekolah
tersebut bertanggungjawab terhadap kelengkapan, kebenaran data yang
dikirim. Kepala sekolah dapat menunjuk operator sekolah yang bertugas
membantu operasional aplikasi dan input data di dalam aplikasi sesuai
dengan formulir yang diisikan masing-masing PTK dan peserta didik.
Bagaimana peran UPTD Kecamatan ?
UPTD kecamatan dapat mengkoordinir pendataan SMA,SMK,SMLB
di wilayahnya.
Membimbing sekaligus memonitor progres pengiriman sekolah dan
memastikan sekolah di wilayah kecamatannya sudah mengupdate data
sekaligus memeriksa kelengkapan, kebenaran data yang dikirimkan
sekolah. UPTD dapat memfasilitasi sekolah jika sekolah tidak
mampu melakukan entri data secara mandiri. Apakah terkait SDM, komputer
maupun jaringan internet. Namun sifatnya pendukung saja, sekolah
diharapkan dapat mandiri melakukan pendataan.
Bagaimana Peran Pengawas Sekolah ?
Pengawas sekolah dapat secara langsung memonitoring
pendataan di sekolah yang menjadi binaannya, memastikan sekolah tersebut
sudah menyelesaikan pendataan secara lengkap, benar dan mutakhir.
Pengawas sekolah dapat mengecek kebenaran data dengan visitasi ke
sekolah yang bersangkutan sesuai dengan tugas pokok sekolah mengawasi
proses pembelajaran sekaligus komparasi data yang dikirmkan dengan
kondisi sebenarnya (fakta) nya.
Bagaimana peran Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota ?
Dinas Pendidikan kab/kota memeberikan sosialisasi,
bimbingan teknis kepada sekolahsekolah di wilayahnya masing-masing.
Distribusi perangkat lunak dan pendukung lainnya. Memonitoring
pengiriman sekolah, dan memberikan pendampingan / konsutasi kepada
sekolah jika ada troubleshooting aplikasi atau seputar teknis
operational aplikasi.
Bagaimana peran Dinas Pendidikan Provinsi ?
Dinas pendidikan Provinsi dapat melakukan monitoring,
membina, koordinasi tingkat kabkota sekaligus memastikan updating data
sekolah di wilayah provinsi nya masing-masing.
Bagaimana Memulai pendataan dapodikmen 2013 – 2014 ?
aplikasi pendataan, formulir, manual dapat di unduh
di web infopendataan dikmen atau mengcopy di dinas kab/kota
masing-masing. Aplikasi ini sama semua untuk seluruh sekolah
jenjang SMA, SMK, SMLB. Yang membedakan sekolah 1 dan yang lain adalah
kode registrasi
Bagaimana langkah sekolah melakukan pendataan ?
- Penunjukkan dan penugasan operator oleh kepala sekolah
- Copy aplikasi dan pendukung lainnya (manual, video, dll)
- Baca Manual aplikasi terlebih dahulu
- registrasi
- Entri data di aplikasi
- Kirim ke server
- Pengecekan data hasil kiriman di infopendataan.dikdas.kemdikbud.go.id
- Jika ada troubleshooting konsultasikan ke dinas atau ke pusat
Bagaimana mendapatkan materi beserta aplikasi pendataan dan apa saja isinya ?
CD tersebut berisi formulir pendataan , aplikasi DAPODIKMEN
2013, manual aplikasi pendataan, video tutorial, FAQ (Tanya jawab)
kontak person, data_prefilled 2013
Kapan sekolah harus melakukan pembaruan data ?
idealnya
setiap kali ada perubahan data, sekolah mengirimkan data ke server
pusat, tapi jika kendala SDM, dan infrastruktur lainnya sekolah minimal
1x dalam 1 semester untuk updating data.
Bagaimana dengan kode registrasinya ?
Kode registrasi adalah
kode untuk mengkativasikan aplikasi sekolah. Kode registrasi untuk
pendataan 2013 setiap sekolah. Cara mendapatkannya silakan hub dinas
pendidikan setempat
Apa yg dimaksud data prefill ?
Data
prefill adalah data sekolah beserta isinya yang telah “Compressed”
menjadi prf file. Data prefill berfungsi untuk registrasi dan berisi
data data sekolah yang telah dimasukan pada aplikasi sebelumnya
Bagaimana dengan username sekolah ?
Username
yang digunakan adalah alamat email, diusahakan email aktif. Kepala
sekolah menentukan email apa yang digunakan untuk proses pendataan
sekolah.
Username sekolah berupa email, apakah boleh lebih dari 1 ?
tidak
boleh. Username ini harus unik. Artinya tidak boleh sama antara 1
sekolah dengan yang lain untuk email yang digunakan sebagai username
Bagaimana dengan password sekolah ?
Password boleh apa saja, bebas yang penting mudah diingat
Bagaimana jika lupa username atau password sekolah ?
register kembali sebagai sekolah, dengan catatan username nya (email) tidak boleh sama dengan yang sebelumnya.
Apakah nomor HP, no Telp, Skype, YM harus di isi saat registrasi ?
untuk
No hp operator sekolah sebaiknya perlu diisi dengan valid, tujuannya
agar ketika ada informasi / validasi dari pusat akan mudah
menginformasikannya ke sekolah yang bersangkutan. Untuk Skype, YM tidak
wajib diisi.
Spesifikasi komputer apa yang disarankan ?
- Minimal requirement :
a. Processor minimal Pentium IV
b. Memory minimal 512 MegaByte
c. Storage tersisa minimal 100 MegaByte
d. CD/DVD drive jika instalasi melalui media CD/DVD
- Spesifikasi minimum Software (Operating Sistem)
1. Microsoft Windows Operating System
a. Windows XP SP2
b. Windows Vista
c. Windows 7
d. Windows 8 (Aplikasi tidak bisa berjalan di Windows 8 RT)
e. Windows Server 2003 atau yang terbaru
2. Browser Internet Modern
a. Firefox, atau
b. Chrome
Bagaimana cara mengirim data ke server pusat ?
Klik
tombol Sinkronisasi, dengan catatan validasi sudah selesai dikerjakan
semua baru data yang ada di lokal client dapat dikirimkan ke server
pusat
Jika sekolah tidak memiliki komputer, bolehkah di entri di sekolah lain ?
Boleh
saja, dengan catatan kepala sekolah menunjuk operator sekolah lain yang
diberi kepercayaan untuk entri data. Tugas operator hanya menginputkan
data, adapun segala kebenaran data sekolah menjadi tanggungjawab kepala
sekolah.
Jika sekolah memiliki komputer, tapi tidak memiliki jaringan internet bagaimana?
aplikasi dapodik dapat
bekerja secara offline sehingga sekolah tetap dapat mengentri data
walaupun tidak terhubung internet. Ketika akan kirim data, klik tombol
synchronisasi lalu computer akan muncul browse, simpan file arahkan ke
flashdisk/ hardisk. Bawa file tersebut ke tempat yang memiliki akses
internet, warnet/PLIK/UPTD/Dinas/ICT center atau apapun yang memiliki
fasilitas koneksi internet.Kemudian buka website pendataan dikmen Upload file di menu upload data .
Bagaimana cara melihat jumlah data invalid saat validasi ?
saat tombol validasi di tekan akan muncul peringatan daftar data yang invalid masingmasing record dan jumlah data invalidnya
Bagaimana solusinya jika sekolah tidak punya jaringan internet ?
Aplikasi DAPODIK dapat bekerja/ melakukan entri data secara offline, untuk pengiriman
data harus terkoneksi internet. Bagi sekolah yang memiliki jaringan internet/
LAN/wifi/modem/dll
dapat langsung di hubungkan ke komputer tersebut maka aplikasi
akan membaca secara otomatis “status ONLINE” dan dapat mengirimkan
data secara langsung. Jika komputer tersebut tidak terkoneksi internet
“status offline” maka dapat melakukan pengiriman dengan cara :
a. Setelah melewati validasi aplikasi (tombol validasi) tekan tombol “sync” maka computer
akan menyimpan file database (data sync) sekolah ke direktori yang diinginkan (browse)
dapat juga di simpan ke dalam flashdisk
b. Unggah/ upload file database tersbut / “file syNc” melalui website
pendataan.dikdas.kemdikbud.go.id di menu “unggah”. Koneksi internet tempat terdekat
yang mudah terjangkau (dinas, UPTD warnet, ICT Center, PLIK, modem, dll)
c. apakah aplikasi dapodikdas 2013 nanti full online? bagaimana dengan daerah yang kesulitan
jaringan internet ?
Bagimana dengan sekolah baru berdiri di tahun sekarang ?
laporkan
ke dinas setempat, lalu dinas akan mengirimkan surat resmi ke PDSP
(Pusat Data dan Statistik Pendidikan) tembusan ke Ditjen Didkas untuk
dibuatkan akun baru.PDSP akan menerbitkan NPSN sekolah tersebut untuk
keperluan administrative dan Ditjen Didkas akan menerbitkan
koderegistrasi untuk keperluan aktivasi aplikasi. Selanjutnya Dikdas
akan mengirimkan data prefilled untuk sekolah tersebut.
Penginputan apakah hanya pada 1 PC atau Laptop ?
Disarankan hanya satu laptop saja
Bagaimana jika siswa baru/mutasi belum di rubah status registrasinya ?
Koordinasikan dengan sekolah lama agar mengupdate status siswa tersebut menjadi “mutasi”
Apa yang di maksud tanggal surat tugas di formulir PTK ?
Surat
tugas pada formulir PTK di penugasan adalah Tanggal Mulai Tugas (TMT)
PTK tersebut bertugas/ ditempatkan di sekolah yang dimaksud.
Di formulir riwayat sertifikasi,jenis sertifikasi itu di isi dengan keterangan ?
Riwayat
sertifikasi jika PTK tersebut pernah memiliki bidang sertifikasi mata
pelajaran berbeda dengan yang sekarang. Isiannya sesuai dengan referensi
diaplikasi.
Apakah input datanya harus dari awal? atau bisa diambil dari data PAS Dikmen ?
Iya
jika memang status sekolah terkait adalah sekolah baru, jika sudah
melakukan update data pada PAS Dikmen sebagian besar data sudah ada,
karena Dapodikmen ini adalah Aplikasi kembangan dari PAS Dikmen
Bagaimana cara menginputkan PTK yg mengampu di 2 sekolah dengan jenjang sama ?
inputkan
data PTK tersebut ke masing-masing sekolah, pilih induk atau bukan
induk di table PTK. Dan ini penting tidak boleh terlewat atau salah
pilih, untuk mengidentifikasikan dimana sekolahinduknya berada.
Bagaimana cara menginput kan PTK yang mengampu di 2 sekolah beda jenjang ?
inputkan data PTK tersebut ke masing-masing jenjang. Dan jangan lupa pilih dimana sekolah induknya pada table PTK
Bagaimana trik agar data tidak tertukar pada PC yang digunakan untuk multi user?
Pastikan
koderegsitrasi sekolah tidak tertukar , username dan passwordnya juga
harus berbeda satu sama lain. Pastikan Email sekolah aktif dan unik..!
Bagaimana jika terjadi eror php.exe gagal di eksekusi ketika proses instalasi ?
Restart PC (Biasa Terjadi pada OS XP)
Apa saja syarat untuk melakukan sinkronisasi ?
Pastikan data tidak ada yang error dan hasil validasi adalah 0
Kenapa jumlah PTK awal berbeda dengan jumlah PTK setelah instal aplikasi ?
Ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan perbedaan data awal.
1. kemungkinan data dari aplikasi sebelumnya belum valid (lengkap)
2. PTK belum memiliki penugasan yang menyebabkan data PTK tidak tampil pada halaman utama
3. untuk menampilkannya klik tombol tampilkan data ptk yang kosong pada toolbar PTK.
Bagaimana cara pengisian riwayat pendidikan formal pada PTK ?
harap di isi lengkap hingga NIM dan IPK
Diolah dari sumber http://202.92.204.193:8090/web/laman/beranda
Tanya Jawab Dapodikmen
Reviewed by Redaksi
on
10.27.00
Rating:
Tidak ada komentar:
rifaus.com berharap kepada pengunjung website ini apabila berkomentar sesuai dengan artikel di atas dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar. Terima kasih.