1.
Apa yang
harus dilakukan jika ada pesan error
“Sekolah tidak ditemukan, harap cek kembali kode registrasi Anda” pada saat
registrasi aplikasi?
·
Cek kembali kode registrasi milik sekolah,
lalu segera konfirmasi kepada CS Pusat melalui email atau via Pingbox dengan
menyertakan kode registrasi yang dipakai. Hal ini biasa terjadi karena
kesalahan penulisan kode registrasi atau kode registrasi tersebut sudah tidak
aktif/ terkena cleansing.
2.
Mengapa status
sekolah saya menjadi “Undefined”
setelah login ke dalam aplikasi?
·
Segera hubungi CS Pusat dengan menyertakan
kode registrasi sekolah. Hal ini terjadi karena kesalahan pada saat restore
data yang belum selesai dengan sempurna, atau kode registrasi terkena
cleansing.
3.
Kenapa pada
saat saya cek di web infopendataan, pada saat memasukkan kode registrasi, yang
muncul adalah data sekolah lain?
·
Segera hubungi CS Pusat via email ataupun
chat Pingbox dengan menyertakan data
simpan lokal sekolah beserta data lengkap sekolah. Hal ini terjadi karena kode
registrasi sekolah dipakai oleh lebih dari satu sekolah yang berbeda.
·
Setelah mengirimkan data simpan lokal dan
data lengkap sekolah via email, CS
Pusat akan segera memberikan kode registrasi baru serta data simpan lokal yang
sudah diperbaiki tanpa menghilangkan data yang sudah sekolah entri.
·
Setelah mendapatkan kode registrasi baru
dan data simpan lokalnya, uninstall aplikasi yang sudah ada di komputer sekolah
dan hapus folder "Aplikasi Pendataan" yang ada di C:/,
kemudian register ulang secara online dengan kode registrasi baru, kemudian
restore dengan data simpan lokal yang sudah diperbaiki oleh CS Pusat.
4.
Bagaimana
solusi jika hasil eksport dari aplikasi tidak bisa dibuka (Problem during load)?
·
Hal ini terjadi karena terdapat Bad Value dalam excel yang menyebabkan
file eksport tidak bisa dibuka.
·
Solusinya: Pertama, buka Explorer di komputer, lalu ketikkan
alamat yang muncul pada saat membuka file excel hasil eksport di address bar, diikuti dengan nama
filenya. Contoh: C:\Users\User\AppData\Local\Microsoft\Windows\Temporary
Internet Files\Content.MSO\1A03319E.log
·
Setelah file .log ditemukan, silakan buka
hingga muncul
XML ERROR in Table
REASON: Bad
Value
FILE: C:\Users\User\AppData\Local\Temp\ptk.xls
GROUP: Cell
TAG: Data
VALUE: 1012-04-01 (Pengisian yang salah saat mengisikan di
aplikasi)
·
Kemudian, Open with file eksport yang tidak bisa dibuka dengan Notepad. Lalu
klik CTRL + H dan Find 1012-04-01,
setelah ditemukan, silakan hapus, dan Simpan.
5.
Kenapa
status file sekolah saya “Pending” di
Aplikasi, dan sekolah saya hilang di web infopendataan?
·
Status file pending dikarenakan ada kesalahan _id pada ptk dan peserta didik
karena hasil eksport import yang tidak sesuai dengan prosedur.
·
Penyelesaiannya, hubungi CS Pusat via email
ataupun chat Pingbox dengan
menyertakan data simpan lokal sekolah lalu oleh CS Pusat akan diberikan data
simpan lokal baru yang telah diperbaiki dengan nama file yang berawalan _new.
·
Setelah mendapatkan file baru, silakan
restore di aplikasi sekolah, lalu kirim kembali ke server.
6.
Saat
mengunduh database di register pengiriman manajemen pendataan, mengapa hasil
unduhan hanya berukuran 9 bytes dan file corrupted?
·
Hal ini terjadi karena perpindahan
pengiriman data tahun 2012 ke server lain, jadi untuk mengunduhnya segera
hubungi CS Pusat dengan menyertakan kode registrasi atau nama file yang akan
diunduh.
7.
Kenapa data
sekolah saya di web infopendataan pada kolom Siswa, PTK, dan Rombel muncul
tanda **)?
·
Hal ini terjadi karena data yang dikirimkan
oleh sekolah masih memakai aplikasi yang lama atau data yang dikirimkan oleh
sekolah masih kosong.
·
Penyelesaiannya: Pastikan sudah memakai
aplikasi terbaru, dan kirimkan kembali data sekolahnya, lalu konfirmasi kepada
CS Pusat atau dinas kab/kota.
8.
Kenapa
sekolah saya tidak tercantum/hilang pada web infopendataan, padahal sebelumnya
masih ada?
·
Sekolah hilang di web infopendataan
dikarenakan sekolahnya terkena cleansing,
sekolah dengan status file pending,
sekolah masuk ke kecamatan yang salah (Lainnya), sekolah salah kode registrasi,
atau karena memang teridentifikasi sebagai sekolah ganda oleh tim Pusat.
·
Penyelesaiannya: Segera konfirmasikan
kepada dinas kab/kota setempat atau kepada CS Pusat dengan mengirimkan kode
registrasi dan data simpan lokal sekolah yang dipakai untuk kemudian di cek
datanya.
9.
Kenapa
aplikasi saya selalu offline walaupun sudah terkoneksi internet?
·
Hal ini terjadi karena komputer yang
dipakai masih menggunakan proxy.
Sehingga tidak terdeteksi oleh aplikasi.
·
Penyelesaiannya: Silakan buka Internet
Explorer, kemudian klik Tools di menu
bar bagian atas (Jika tidak ada, silakan tekan tombol ALT terlebih dahulu
hingga muncul menu bar), kemudian
pilih Internet Options, pilih tab Connections, tekan tombol LAN Settings, hapus
semua ceklis ( √ ), kemudian tekan OK, dan restart aplikasi.
10. Apa penyebab saya tidak bisa mengunduh
profil sekolah di Aplikasi?
·
Hal ini terjadi karena belum mengisi
prasarana, sarana, dan rombel.
·
Penyelesaiannya: Isi prasana, sarana dan
rombel dengan lengkap.
11. Maksud dan Arti dari setiap Status File
Pengiriman :
·
Belum Terkirim
Sudah jelas.
·
Diterima
via Web
Ini hanya bisa dilakukan oleh dinas kab/kota.
Jadi file sekolah diunggahkan/diuploadkan oleh dinas kabkota melalui manajemen
pendataan.
·
Diterima
via Aplikasi
Tahapan pertama, yang mengirimkan langsung
dari sekolah yang bersangkutan dan data yang di upload/unggah sudah berhasil di
simpan di server. Namun data2nya belum dimasukan ke database oleh server. Jadi
belum bisa melihat data yg bapak inputkan.
·
Cek
Konversi
Tahapan kedua, data sudah di cek oleh
server apakah data ini menggunakan database versi lama atau database versi
baru. Nanti server yang akan memilah2nya.
·
Berhasil
Diproses
Tahapan ketiga, data yang telah diinput
SEMUANYA sudah berhasil diproses. (Dipastikan ini datanya sangat bagus).
·
Berhasil Diproses
dgn Pengecualian
Data yang telah di input TIDAK SEMUANYA
berhasil di proses oleh server. Ini kemungkinan akibat : masih menggunakan
aplikasi lama, terkena validasi dari segi server, dll. Namun jika jumlah
peserta didik, ptk, rombel, sarpras, dll sudah sama TIDAK masalah.
·
Sekolah Terkena
Cleansing
Data sekolah yang telah dikirim masuk ke
dalam data sekolah yang terkena cleansing. Mohon langsung menghubungi tim
teknis atau CS kami. Jika dibiarkan kemungkinan data tidak diterima karena akan
dihapus oleh server.
·
Sqlite Error
Ini biasanya saat upload, data tidak
terkirim dengan sempurna. Atau biasanya disebut data corrupted.. Jadi langsung
saja kirim ulang data lagi.
·
Pending
Status file pending dikarenakan ada kesalahan _id pada ptk dan peserta didik
karena hasil eksport import yang tidak sesuai dengan prosedur. Hubungi dinas
kab/kota atau CS Pusat untuk meminta data simpan lokal terbaru yang sudah
diperbaiki, untuk kemudian dikirim ulang ke server.
·
Sekolah belum mendownload
data dengan GUID Baru
Status ini masih terkait dengan status file
Pending. Ini artinya, sekolah belum
memakai data hasil perbaikan dari pusat tetapi telah mengirim kembali dengan
menggunakan file yang masih salah/pending.
·
Data yg sdh dibenarkan,
sekolah wajib mendownload
Status masih terkait dengan status file
Pending. Ini artinya, data sekolah sudah diperbaiki oleh tim Pusat, segera unduh
dengan menghubungi dinas kab/kota atau tim CS Pusat lalu segera restore ke dalam aplikasi dan segera
kirim kembali ke server.
12.
Dalam aplikasi tersedia fasilitas
export import excell, bagaimana cara menggunakannya?
·
TUJUAN
o Untuk
memfasilitasi data yang biasanya sudah tersedia di dalam masing-masing sekolah
sehingga tidak perlu menuliskan ulang satu persatu data yang sudah dimiliki
oleh sekolah seperti nama siswa, NISN, tempat lahir, tanggal lahir, dll sesuai
data yang dimiliki sekolah sehingga sekolah cukup copy-paste saja dari data
yang sudahdimiliki sekolah sebelumnya.
o Memudahkan
untuk mengentry data kedalam format excel (bagi yang familiar).
·
KETENTUAN
o Setting
terlebih dahulu regional komputer anda ke dalam settingan waktu indonesia,
dengan cara: Klik Start- Control Panel- Clock, Language and Region – Region and
Language – Pilih tab Formats – Lalu pilihINDONESIA.
o Excel
(.xls dan .csv) hasil export dan import hanya dapat digunakan SATU KALI PAKAI. Hapus 2 file tersebut
setelah digunakan, untuk mengentri kembali data kedalam excel, harus dimulai
dari export dari aplikasi.
o Data
yang masuk hasil import ke dalam aplikasi akan menimpa seluruh nya data yang
ada di panel siswa jika mengimport ke dalam panel siswa, atau PTK jika
mengimport ke dalam panel PTK.
o ENTRY
data ke dalam bentuk excel hanya sesuai dengan format hasil export dari
aplikasi, yang berisi angka-angka atau kode.
o Hanya
untuk keperluan entry data primer Siswa dan PTK saja, sedangkan untuk entry
data rinciannya masing-masing PTK tetap didalam aplikasi.
o Ikuti
cara input sesuai dengan contoh record / isian data pertama
·
CARA
o Isiterlebih
dahulu satu record isian secara lengkap siswa.
o Pilih
tab export excel, simpan dalam direktori dalam bentuk excel (.xls atau .xlsx).
o Buka
file tersebut dan entry data ke dalam file tersebut dengan format isian seperti
contoh isian paling atas hasil entryan dari aplikasi.
o Dapat
dilakukan copy paste dari data yang dimiliki sekolah, ke dalam excel tersebut
sehingga mengurangi beban entrian sesuai dengan kolom yang ada (misal sekolah
sudah memiliki file excell nama-nama siswa, NISN, nama PTK, dll).
o Setelah
selesai entry data simpan file tsb dalam format .csv (Save as - pilih format: csv Comma Delimited).
o Import
ke dalam aplikasi file .csv tersebut, maka data yang anda entry dalam file
excell akan masuk ke dalam aplikasi dan menimpa data sebelumnya.
o Hapus
file excel baik .xls maupun .csv nya, jika anda ingin menambahkan data lagi,
export lagi melalui aplikasi dan lakukan langkah-langkah seprti diatas, atau
anda dapat melanjutkan entry data didalam aplikasi nya.
o INGAT
file .xls dan .csv hanya di gunakan SATU
KALI PAKAI, setelah selesai export – import,segera HAPUS file tsb.
o Fasilitas
ini digunakan jika anda ingin mengentri data dalam bentuk excel dengan tujuan
dapat mencopy-pastekan data yang sudah tersedia di sekolah sebelumnya.
13. Siapa dan bagaimana cara untuk
menghubungi atau meminta bantuan CS Pusat?
·
CS Pusat dapat dihubungi via email, telepon,
sms, dan chat.
o
Via Email
ü infopendataan.dikdas@gmail.com
(Troubleshooting Aplikasi)
ü sekretariat.dikdas@gmail.com
(Troubleshooting Aplikasi dan Kesekretariatan)
ü pendataan.dikdas@gmail.com
(Validasi dan Cleansing Data)
ü koderegistrasi@gmail.com(Pengajuan
Kode Registrasi Baru serta permasalahan mengenai Kode Registrasi)
o
Via Telepon
ü Yusuf
R. (081288040000)
ü Shandy (085860092216)
ü Doni (085771070118)
ü Farhan (087815267884)
ü Aris (08989451887)
ü Otto (087885674469)
ü Wahyu (085327059841)
ü Adam (081395454000)
ü Septiyadi (085320095000)
ü Anas (081385158698)
o
Via Chat
ü Client
Services 1 (YM:
infopendataan_cs1@yahoo.co.id)
ü Client
Services 2 (YM:
infopendataan_cs2@yahoo.co.id)
ü Client
Services 3 (YM:
infopendataan_cs3@yahoo.co.id)
ü Client
Services 4 (YM:
infopendataan_cs4@yahoo.co.id)
ü Client
Services 5 (YM:
infopendataan_cs5@yahoo.co.id)
ü Client
Services 7 (YM: infopendataan_cs7@yahoo.co.id)
ü Client
Services 8 (YM: infopendataan_cs8@yahoo.co.id)
ü
http://infopendataan.dikdas.kemdikbud.go.id/new/index.php/c/pg/support-online/
o
Via Grup Facebook
14. Berdasarkan kebutuhan
DAPODIK terkait sertifikasi, khususnya pendidikan luar biasa untuk jenjang TKLB
dan SMALB yang SATAP/Satu Sekolah/Satuan Pendidikan (SLB) silakan dimasukkan ke
dalam DAPODIK jenjang SLB. Tetapi jika berdiri sendiri di jenjang tersebut
tidak masuk kedalam Aplikasi Pendataan Dikdas tetapi masuk kedalam masing –
masing Direktorat yang menangani jenjang tersebut dengan ketentuan sebagai
berikut:
o
Untuk sekolah satu atap (lintas jenjang) dan memiliki 1 kepala sekolah cukup menggunakan 1 kode registrasi di
DAPODIK. Jika sudah terlanjur dipisah, mohon digabungkan dalam satu aplikasi
dan kode registrasi yang tidak terpakai diinformasikan ke CS Pusat.
o
Untuk TKLB, jika sekolah tsb satu atap dengan jenjang atasnya, namanya
dijadikan satu menjadi SLB. Masukkan
datanya baik peserta didik maupun PTK ke aplikasi tsb. Buatkan rombel dengan
nama kelas TKLB (disesuaikan dengan ketunaannya. Misal: TKLB tunanetra didalam
rombel tertulis TKLB A) dengan tingkat 1 untuk kelas kecil (nol kecil) atau
tingkat 2 untuk kelas besar (nol besar) dan
Begitu juga dengan guru. Masukkan (mapping) kedalam PTK Mengajar.
Di TKLB tunanetra ada 5
rombel (2 rombel tingkat kecil, 3 rombel tingkat besar)
Penulisannya:
Di dalam nama rombel menjadi
TKLBA-1.a-à tingkat 1
TKLBC-1.b-à tingkat 1
TKLBB-2.a- à tingkat 2
TKLBB-2.b- à tingkat 2
TKLBB-2.c- à tingkat 2
o
Untuk SMALB , jika sekolah tsb satu atap dengan jenjang di bawahnya
(SMPLB, SDLB, TKLB), namanya dijadikan satu dengan SLB. . Masukkan datanya baik peserta didik maupun
PTK ke aplikasi tsb. Buatkan rombel dengan nama kelas SMALB dengan tingkat 7, 8 atau 9. Begitu juga dengan guru.
Masukkan (mapping) kedalam PTK Mengajar.
o Untuk TKLB dan SMALB jika
tidak satu atap dengan jenjang dikdas (berdiri sendiri), buat kode registrasi
baru (usulkan ke koderegistrasi@gmail.com) Nama sekolah sesuai dengan
nomenklatur resminya dan pilih jenis sekolah SLB.
·
Restore fasiltas atau pindah komputer (Back up lokal)
·
Ptk tidak memiliki Record(export - import)
·
Bagaimana cara Update versi aplikasi (back up lokal)
·
Daftar Sekolah hilang dari web Infopendataan.
·
Tanda **) pada infopendataan (sekolah belum memasukan datanya tetapi
jika ada perbedaan data tsb dengan yang di sekolah tidak live update silahkan
periksa di web manajemen pendataan)
Seputar Tanya Jawab Aplikasi Pendidikan Dasar 2013
Reviewed by Redaksi
on
10.50.00
Rating:
Tidak ada komentar:
rifaus.com berharap kepada pengunjung website ini apabila berkomentar sesuai dengan artikel di atas dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar. Terima kasih.